• MIN 3 JEMBER
  • Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat

Visi dan Misi

 VISI

Terwujudnya Madrasah Berprestasi, , Berkarakter, Inovatif dan Berbudaya Lingkungan".

 

Indikator :

Berprestasi

  1. Pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
  2. Prestasi akademik dan non akademik tingkat kabupaten
  3. Nilai dalam asesmen / Ujian Kompetensi yang lebih baik
  4. Keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.

Berkarakter

  1. Mengaplikasikan pengetahuan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar rahmatan lilalamin dalam aktualisasi kehidupan.
  3. Membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.
  4. Berperilaku kesantrian dalam kehidupan sehari-hari, seperti : Berkata-kata yang sopan dan beradab santun terhadap orang tua, guru (ustad/ustadah), teman-temannya dan masyarakat.
  5. Berperilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab dan taat terhadap peraturan madrasah.
  6. Gemar membaca pada peserta didik dan warga madrasah.
  7. Mempunyai pola pikir mandiri dan bertindak secara original, kreatif, dan penuh inisiatif.
  8. Sikap cinta dan setia terhadap NKRI meliputi : 
    1. Menghormati symbol-simbol negara, seperti : lambang negara, Bendera dan Motto negara.
    2. Melestarikan budaya nasional melalui lagu, tarian, dan permainan tradisional.
    3. Penerapan Moderasi beragama dalam kehidupan.
    4. Upacara hari senin dan Peringatan hari Besar.
    5. Pemberian nama Pahlawan nasional pada setiap jenjang kelas.
    6. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
  9. Menempatkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Berprestasi

  1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
  2. Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik.
  3. Terwujudnya nilai dalam asesmen / Ujian Kompetensi yang lebih baik

Inovatif

  1. Kemampuan seluruh warga madrasah dalam memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah.
  2. Dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan.

Berbudaya Lingkungan

  1. Peduli lingkungan bersih dan sehat (bebas dari rokok, alkohol, narkoba dan obat terlarang lainnya)
  2. Pembiasaan membaca juz 30 sesuai dengan jenjangnya sebelum proses kegiatan belajar mengajar
  3. Pelaksanaan pembiasaan 3 M (Mencegah terjadinya pencemaran, Melestarikan fungsi lingkungan, dan Menanggulangi kerusakan lingkungan hidup)
  4. Warga madrasah yang peduli SEKAM (Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, Makanan Sehat)
  5. Menyayangi makhluk ALLAH (manusia, hewan dan tumbuhan)
  6. Penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (buliying).

 

MISI

  1. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dan inovatif yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran.
  2. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk menggali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal
  3. Mengembangkan kemandirian, bernalar kritis, dam kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  4. Melaksanakan bimbingan belajar/ektrakulikuler secara khusus dimadrasah oleh guru professional pada jam tertentu.
  5. Membangun lingkungan madrasah yang membentuk peserta didik berakhlakul karimah melalui rutinitas keagamaan dan menerapkan ajaran agama melalui cara berinteraksi di madrasah.
  6. Membangun lingkungan madrasah yang bertoleransi, dalam kebhinekaan global, dan menjunjung nilai gotong royong
  7. Mengembangkan perilaku cinta dan setia tanah air
  8. Mengembangkan perilaku warga madrasah untuk gemar membaca dengan gerakan literasi madrasah
  9. Mengembangkan budaya nasional melalui lagu, tarian, dan permainan tradisional.
  10. Selalu mengikuti perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan informasi terkini
  11. Meningkatkan pelaksanaan pembiasaan 3 M (Mencegah terjadinya pencemaran, Melestarikan fungsi lingkungan, dan Menanggulangi kerusakan lingkungan hidup)
  12. Mengembangkan perilaku warga madrasah berbudaya lingkungan dan peduli SEKAM (Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, Makanan Sehat)
  13. Tersedianya sarana dan prasarana madrasah yang berkualitas, sehat dan ramah lingkungan.

 

TUJUAN

  • Tujuan Jangka Pendek (1 tahun ke depan)
    1. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreatif
    2. Melaksanakan pembelajaran
    3. Mengoptimalkan sarana/prasarana madrasah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
    4. Menjadi juara akademik dan non akademik tingkat kabupaten
    5. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah ( berdoa, sholat berjamaah, sholat dhuha, pembiasaan tartil dan hafalan juz 30)
    6. Membentuk peserta didik untuk rajin bersedekah dan menabung.
    7. Merancang program madrasah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global
    8. Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
    9. Membentuk perilaku peduli dan berbudaya lingkungan (memelihara tanaman serta memilah sampah sesuai dengan jenisnya).
  • Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
    1. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan
    2. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta
    3. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya
    4. Madrasah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
    5. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek/Juz 30.
    6. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
    7. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi
    8. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah, perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya
  • Tujuan Jangka Panjang ( 4 tahun ke depan)
    1. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas Madrasah.
    2. Menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah sebagai pembelajar sepanjang hayat,   menerima perubahan secara global, dan peduli sosial dalam bingkai toleransi beragama
    3. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan madrasah
    4. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
    5. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (perguruan tinggi, dan dunia usaha) untuk melengkapi program madrasah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta
    6. Membangun budaya dan kultur madrasah yang kompetitif dan
    7. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Sejarah Madrasah

Sejarah Madrsah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember berdiri dan resmi di bawah naungan Departemen Agama Kab. Jember pada tahun 1997 dengan nama MI negeri Sumbersari  Sebelum itu, Madrasah

29/10/2020 15:00 - Oleh admin MIN 3 Jember - Dilihat 1488 kali
Profil

  Nama Lembaga :  MIN 3 JEMBER Alamat :  Jl. Mahoni No. 20 Wirolegi Kecamatan :  Sumbersari Kabupaten :  Jember Provinsi :  Jawa Timur Kode Po

07/05/2020 05:09 - Oleh admin MIN 3 Jember - Dilihat 2564 kali