Visi dan Misi
VISI
” Terwujudnya Madrasah Berprestasi, , Berkarakter, Inovatif dan Berbudaya Lingkungan".
Indikator :
Berprestasi
- Pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
- Prestasi akademik dan non akademik tingkat kabupaten
- Nilai dalam asesmen / Ujian Kompetensi yang lebih baik
- Keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
Berkarakter
- Mengaplikasikan pengetahuan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar rahmatan lilalamin dalam aktualisasi kehidupan.
- Membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.
- Berperilaku kesantrian dalam kehidupan sehari-hari, seperti : Berkata-kata yang sopan dan beradab santun terhadap orang tua, guru (ustad/ustadah), teman-temannya dan masyarakat.
- Berperilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab dan taat terhadap peraturan madrasah.
- Gemar membaca pada peserta didik dan warga madrasah.
- Mempunyai pola pikir mandiri dan bertindak secara original, kreatif, dan penuh inisiatif.
- Sikap cinta dan setia terhadap NKRI meliputi :
- Menghormati symbol-simbol negara, seperti : lambang negara, Bendera dan Motto negara.
- Melestarikan budaya nasional melalui lagu, tarian, dan permainan tradisional.
- Penerapan Moderasi beragama dalam kehidupan.
- Upacara hari senin dan Peringatan hari Besar.
- Pemberian nama Pahlawan nasional pada setiap jenjang kelas.
- Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
- Menempatkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan.
Berprestasi
- Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
- Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik.
- Terwujudnya nilai dalam asesmen / Ujian Kompetensi yang lebih baik
Inovatif
- Kemampuan seluruh warga madrasah dalam memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah.
- Dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan.
Berbudaya Lingkungan
- Peduli lingkungan bersih dan sehat (bebas dari rokok, alkohol, narkoba dan obat terlarang lainnya)
- Pembiasaan membaca juz 30 sesuai dengan jenjangnya sebelum proses kegiatan belajar mengajar
- Pelaksanaan pembiasaan 3 M (Mencegah terjadinya pencemaran, Melestarikan fungsi lingkungan, dan Menanggulangi kerusakan lingkungan hidup)
- Warga madrasah yang peduli SEKAM (Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, Makanan Sehat)
- Menyayangi makhluk ALLAH (manusia, hewan dan tumbuhan)
- Penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (buliying).
MISI
- Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dan inovatif yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran.
- Mendorong dan membantu setiap siswa untuk menggali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal
- Mengembangkan kemandirian, bernalar kritis, dam kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
- Melaksanakan bimbingan belajar/ektrakulikuler secara khusus dimadrasah oleh guru professional pada jam tertentu.
- Membangun lingkungan madrasah yang membentuk peserta didik berakhlakul karimah melalui rutinitas keagamaan dan menerapkan ajaran agama melalui cara berinteraksi di madrasah.
- Membangun lingkungan madrasah yang bertoleransi, dalam kebhinekaan global, dan menjunjung nilai gotong royong
- Mengembangkan perilaku cinta dan setia tanah air
- Mengembangkan perilaku warga madrasah untuk gemar membaca dengan gerakan literasi madrasah
- Mengembangkan budaya nasional melalui lagu, tarian, dan permainan tradisional.
- Selalu mengikuti perubahan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan informasi terkini
- Meningkatkan pelaksanaan pembiasaan 3 M (Mencegah terjadinya pencemaran, Melestarikan fungsi lingkungan, dan Menanggulangi kerusakan lingkungan hidup)
- Mengembangkan perilaku warga madrasah berbudaya lingkungan dan peduli SEKAM (Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, Makanan Sehat)
- Tersedianya sarana dan prasarana madrasah yang berkualitas, sehat dan ramah lingkungan.
TUJUAN
- Tujuan Jangka Pendek (1 tahun ke depan)
- Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreatif
- Melaksanakan pembelajaran
- Mengoptimalkan sarana/prasarana madrasah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
- Menjadi juara akademik dan non akademik tingkat kabupaten
- Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah ( berdoa, sholat berjamaah, sholat dhuha, pembiasaan tartil dan hafalan juz 30)
- Membentuk peserta didik untuk rajin bersedekah dan menabung.
- Merancang program madrasah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global
- Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
- Membentuk perilaku peduli dan berbudaya lingkungan (memelihara tanaman serta memilah sampah sesuai dengan jenisnya).
- Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan
- Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta
- Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya
- Madrasah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek/Juz 30.
- Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
- Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi
- Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah, perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya
- Tujuan Jangka Panjang ( 4 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas Madrasah.
- Menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah sebagai pembelajar sepanjang hayat, menerima perubahan secara global, dan peduli sosial dalam bingkai toleransi beragama
- Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan madrasah
- Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
- Menjalin kerjasama dengan pihak luar (perguruan tinggi, dan dunia usaha) untuk melengkapi program madrasah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta
- Membangun budaya dan kultur madrasah yang kompetitif dan
- Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Sejarah Madrasah
Sejarah Madrsah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember berdiri dan resmi di bawah naungan Departemen Agama Kab. Jember pada tahun 1997 dengan nama MI negeri Sumbersari Sebelum itu, Madrasah
Profil
Nama Lembaga : MIN 3 JEMBER Alamat : Jl. Mahoni No. 20 Wirolegi Kecamatan : Sumbersari Kabupaten : Jember Provinsi : Jawa Timur Kode Po